Search Suggest

HTML Dasar #7 : Belajar Tag P, H1-H6, dan Br

Penggunaan tag p, h1-h6, dan br sangat penting dalam menentukan tampilan dan struktur teks pada halaman web.

Dalam membuat halaman web, struktur teks yang baik sangatlah penting untuk memudahkan pengunjung dalam membaca dan memahami konten yang disajikan. Oleh karena itu, dalam HTML terdapat beberapa tag yang digunakan untuk mengatur tampilan dan struktur teks pada halaman web, di antaranya adalah tag p, h1-h6, dan br.

Belajar Tag P, H1-H6, dan Br
Gambar 7.1 : Ilustrasi Belajar Tag P, H1-H6, dan Br

Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang penggunaan tag p, h1-h6, dan br serta pentingnya penggunaan tag-tag tersebut dalam membuat halaman web yang lebih jelas dan mudah dipahami oleh pengunjung.

Daftar Isi

Tag P (Paragraf)

Tag P (Paragraf) digunakan untuk menandai paragraf pada halaman web. Dalam HTML, setiap tag p harus diawali dan diakhiri dengan tag pembuka dan penutup. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

<p>Ini adalah contoh paragraf pertama.</p>
<p>Ini adalah contoh paragraf kedua.</p>

Dalam contoh di atas, kedua paragraf tersebut akan muncul dengan jarak yang terpisah satu sama lain.

Tag H1-H6 (Heading)

Tag h1-h6 digunakan untuk menandai judul atau sub-judul pada halaman web. Semakin besar nomor tag, semakin kecil ukuran teks yang dihasilkan. Dalam HTML, setiap tag h1-h6 juga harus diawali dan diakhiri dengan tag pembuka dan penutup. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

<h1>Ini adalah judul utama</h1>
<h2>Ini adalah sub-judul</h2>
<h3>Ini adalah sub-sub-judul</h3>
<h4>Ini adalah sub-sub-judul</h4>
<h5>Ini adalah sub-sub-judul</h5>
<h6>Ini adalah sub-sub-judul</h6>

Dalam contoh di atas, h1 menghasilkan ukuran teks yang paling besar, sedangkan h6 menghasilkan ukuran teks yang paling kecil.

Tag Br (Line Break)

Tag br digunakan untuk membuat baris baru pada halaman web. Dalam HTML, tag br tidak memerlukan tag penutup. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

Ini adalah contoh teks pertama.<br>
Ini adalah contoh teks kedua.

Dalam contoh di atas, teks pertama dan teks kedua akan muncul pada baris yang berbeda.

Kesimpulan

Penggunaan tag p, h1-h6, dan br sangat penting dalam menentukan tampilan dan struktur teks pada halaman web. Dengan menggunakan tag-tag tersebut, kita dapat membuat tampilan teks yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung.

Pada umumnya, tag p digunakan untuk menandai paragraf utama pada halaman web, sedangkan tag h1 digunakan untuk menandai judul utama halaman. Selain itu, tag h2-h6 digunakan untuk menandai sub-judul atau bagian-bagian tertentu pada halaman web.

Tag br digunakan untuk memisahkan teks pada baris yang berbeda, dan biasanya digunakan jika kita ingin memisahkan teks pada baris yang berbeda tanpa membuat paragraf baru.

Dalam membuat halaman web, sangat penting untuk menggunakan tag p, h1-h6, dan br dengan tepat agar tampilan teks pada halaman web menjadi lebih jelas dan mudah dipahami oleh pengunjung.

HTML Dasar
Haloo, Selamat datang Sobat Coder, Selamat Belajar.

Posting Komentar

Kami sangat menghargai partisipasi Anda dalam berdiskusi di platform ini. Namun, kami ingin mengingatkan Anda untuk tetap mengikuti Kebijakan Berkomentar kami. Kami mendorong diskusi yang bermutu dan adil, sehingga semua pengguna dapat merasa aman dan nyaman dalam berinteraksi.